Kamis, 19 Mei 2011

Nasi Pecel

Pecel adalah makanan terdiri dari beberapa jenis sayuran yang di rebus dan disajikan bersama dengan bumbu kacang seperti gado-gado. Kalo gado-gado bumbu kacangnya di ulek terlebih dahulu baru di aduk dengan sayuran, kalo pecel sayuran di rebus dahulu lalu di siram dengan bumbu kacang yang telah di ulek atau dihaluskan secara terpisah.  Rasanya ada sedikit perbedaan antara Pecel & Gado-gado, demikian juga dengan jenis sayuran yang digunakan.

Pecel yang biasa aku buat biasanya terdiri dari  rebusan kacang panjang, kol (jarang aku pake) karena aku ganti dengan bunga turi. Karena bunga ini banyak sekali di halaman rumah ibuku ... hehehe gratisan.  Lalu bayam biasanya aku ganti dengan selada air, ditambahkan juga kecipir (yang di iris kecil), juga labu siam kecil (biasa di rebus untuk lalap), kali ini aku iris panjang dan taoge. Kadang untuk mempercantik penampilannya aku tambahkan irisan wortel juga ... Rame ya ...kalo dihitung ada 6 jenis sayuran.

Pecel bisa dinikmati dengan potongan lontong  atau nasi, mie goreng jawa, tempe tahu bacem atau tempe mendoan. Ada juga macam2 sate, usus, rempelo ati, telur puyuh dan rempeyek kacang atau teri ... yang ada dalam gambar diatas itu pecel dengan tempe mendoan....

Glekkk..... air liur tidak terbendung, jadi inget Pecel yang di depan Pasar Bering Hardjo Yogya atau Pecelnya bu Kis di Solo yang terkenal itu ... Walaupun Pecel buatan aku tidak sekondang Pecel Yogya dan Solo tapi masalah rasa dan penampilan bisa di adu ... hehehehe (photo ini penjual pecel di pinggiran pasar Bering Hardjo Yogyakarta).