Senin, 06 Juni 2011

Nasi Goreng Cumi Hitam

Nasi goreng ini berwarna kehitaman. Dibuat karena ada sisa kepala cumi, yang dagingnya sudah aku jadikan Cumi Goreng Tepung.  Karena sayang kepalanya dibuang, makanyan aku jadikan Nasi Goreng Cumi Hitam ala Dapurnya ibu.  Rasanya uenak gurih luar biasa. Didalamnya ada campuran kepala cumi.

Dulu semasa aku kecil, ibuku juga suka buat nasi hitam.  Tapi proses pembuatannya berbeda.  Ibuku biasa buat ungkep cumi yang tidak dibuang tintanya. Bumbunya hanya asam garam saja. Dimasak dengan sedikit air, sampai mengering.  Setelah di angkat, sisa2 yang ada di wajan dimasukan nasi putih, diaduk lagi.  Jadi nasi hitam. 

Yang aku buat sedikit beda. Badan cumi yang sudah dikuliti aku kasih perasan air jeruk nipis pisahkan dengan kepalanya. Setelah semua badan di goreng menjadi Cumi Goreng Tepung, sisanya adalah kepala cumi yang aku aduk dengan sisa tepung bumbu serba guna.  Aku goreng, setelah tintanya keluar dan agak mengering aku campur dengan nasi putih.  Hasilnya mirip dengan resep ibuku.  Rasanya juga mirip tapi beda.  Sama-sama enak dech pokoknya .... anak-anak dan suamiku juga jadi suka ... dasar ibunya pemakan segala.  Semua jadi ikutan dech ... hehehehehe