Selasa, 03 Desember 2013

Nasi Kebuli (pesanan)


Nasi kebuli biasanya disandingkan dengan masakan daging kambing, ada yang suka di goreng, ada yang dimasak bersama nasinya dan ada juga yang di kare. Namun bagi yang tidak suka daging kambing maka nasi kebuli dapat juga disandingkan dengan ayam, namun lebih pas kalau ayamnya direndang, di gulai atau di kare.
 
Agar aroma nya bisa keluar dengan optimal maka dalam memasak nasi kebuli perlu ditambahkan bumbu rempah asli timur tengah, khususnya kapulaga dan jintan.  Juga minyak samin atau bahkan ghe.
 
Nasi kebuli yang disajikan dalam box sehingga menjadi nasi box merupakan kekhasan Indonesia yang memiliki budaya besekan atau memakan dengan menggunakan besek yakni box alami dari bambu. Penambahan acar nanas dalam nasi kebuli merupakan asimilasi kuliner betawi namun dirasa sangat cocok untuk menghilangkan rasa “lemak” kambingnya, selain menghadirkan rasa asam pedas yang khas  dalam nasi kebuli.
 
Adapun Nasi box nasi kebuli biasanya terdiri dari : Nasi Kebuli Kismis, Olahan daging Kambing (goreng/gulai/kare) atau olahan daging ayam,  Acar sayur/buah,  Emping/kerupuk, Bawang Goreng.
5.