Sabtu, 27 Oktober 2012

Nasi Kebuli & Gulai (Menu Idul Adha 2012)

Hari Idul Adha tahun ini dapet libur cukup panjang .... Mulai Jumat Sabtu lanjut Minggu.
Bingung mau bikin menu apa ya untuk Lebaran Haji kali ini ....

Akhirnya pilihan jatuh pada Nasi Kebuli .... Tapi gulai (sapi) tetap ada ..... ditambah dengan acar nanas untuk yang segar2nya ....

Konon nasi kebuli diadaptasi dari negeri unta ....  Nasi yang sarat akan rempah2 ini beraroma harum sekali.  Ditambah dengan kismis .... aku pakai kismis dari anggur hijau ... jadi warnanya tidak hitam, tapi kekuningan seperti gambar dibawah ini. Ditaburi bawang goreng juga tambah nikmat !!

Nasi Kebuli 

Gulai dagin sapi

Aku pilih daging yang bersandung lamur plus tulang iga ... heheheheh muantap kan.
Beberapa tahun lalu aku biasa buat Roti Jala dengan gulai ... tapi kali ini pingin beda dikit ahhh ....
Tidak terlalu pedas dan tidak berkuah kental .....

Acar nanas bengkuang ketimun cabe & bawang merah
Acarnya aku buat dari campuran buah nanas, bengkuang dan ketimun yang dipotong dadu. Ditambah dengan ketimun dan irisan cabe rawit merah dan bawan merah ..... hhemmmmmm... seuger dech !!

Sengaja aku buat acar biar gak terlalu enek .... untuk netralisir aja .... biar ada asem manis segarnya !!
Hasilnya seperti dalam gambar .....



Rasanya dijamin woookeee .... yang makan suami dan anak2 sih ... pilihan katanya cuma dua, enak dan uenakkk sekali ..... bikin ibunya semangat masak terus ....